5 Kegunaan Google Alerts untuk Blogger

25 Maret 2011 at 09:50 Tinggalkan komentar

Nyaris saja blog ini mati suri, pasalnya sudah hampir sepekan tidak di-update setelah beberapa postingan yang mengikuti perkembangan rencana “burn a quran day” sampai 11 September yang lalu. Hanya dalam hitungan menit setelah berita diturunkan media internasional blog inipun segera update waktu itu, sehingga lebih cepat menyajikan beritanya dibanding situs-situs berita lokal yang juga hanya mengutip total media-media internasional untuk berita-berita dunia. Update bisa disajikan sangat cepat karena saya memantau topik tersebut dengan Google Alerts.

Google Alerts merupakan salah satu perkakas website yang hebat dari Google. Google Alerts menjadi cara yang terbaik untuk memantau bagaimana situasi pada topik (keyword) tertentu. Google Alerts akan mengirim hasil pemantauannya ke e-mail kita atau feed berdasarkan jangka waktu yang kita tentukan, bahkan bisa secara real-time (as it happens). Fungsi pemantauan topik/keyword ini jelas sangat membantu bagi para blogger seperti kita. Kita bisa menggunakan Google Alerts untuk memantau kondisi niche yang kita tulis. Kita bisa menelusuri sepak terjang blog kita di blogosfer, menelusuri trend terbaru pada niche blog kita, menemukan blog dengan niche serupa, atau dari segi bisnis, mengetahui seberapa berat kompetisi pada keyword tertentu.

Selain itu, masih banyak kegunaan lain dari Google Alerts dan berikut lima kegunaan utama Google Alerts untuk para blogger yang disari dari letupdate:

1. Menelusuri apa kata orang tentang blog kita

Dengan mudah kita bisa menelusuri apa kata blogger lain tentang blog kita. Kita cukup memasukkan alamat atau nama blog kita di Google Alert dan selanjutnya Google Alerts akan menginformasikan kepada kita setiap kali ada sebuah blog yang menyebut nama atau url blog kita dalam postingan di blognya. Untuk kegunaan ini, kita harus mengubah “Type” alert menjadi Blog. Kegunaan ini juga bisa menginformasikan kepada kita seberapa populer sebenarnya blog kita di blogosfer.

2. Menelusuri trend terbaru dalam niche tertentu

Terkadang, mengikuti trend penting untuk meningkatkan trafik kita. Contoh, trafik blog akan selalu meningkat ketika kita menulis tentang versi terakhir WordPress. Sehingga, kita perlu menelusuri apa yang sedang menjadi trend dalam niche blog kita. Kita dengan mudah bisa menelusuri tren terkini dalam niche blog kita dengan membuat alert untuk keyword niche tersebut. Contoh, saya memasang alert dengan keyword “Penerjemah Online”. Google Alerts akan menginformasikan kepada saya setiap ada postingan blog yang terdapat keyword ini didalmnya. Ini memastikan bahwa saya selalu mendapatkan informasi terbaru tentang kondisi niche “Penerjemah Online”.

3. Mencari blog yang setopik dengan blog kita

Fungsi ini berguna jika kita ingin membangun link. Seperti yang telah diketahui oleh para pembelajara SEO, backlink yang paling baik adalah backlink dari blog dengan reputasi yang tinggi dengan niche yang sama dengan blog kita. Kita bisa menggunakan Google Alerts dengan mudah untuk mencari blog-blog yang setopik dengan blog kita tersebut. Kita cukup membuat alert yang mengandung keyword niche tersebut dan pilih “Type” Blog.

4. Mengetahui seberapa berat kompetisi pada keyword/niche tertentu

Kegunaan ini khususnya sangat bermanfaat bagi blogger tipe pebisnis online. Sebagai blogger, SEO sangat penting sebagai salah satu sumber trafik blog. Salah satu aspek dalam SEO adalah pemilihan keyword. Kita perlu memilih beberapa keyword tertargetkan dan menggunakan semua jurus SEO bagi keyword yang dipilih tersebut. Untuk itu, kita perlu mengetahui seberapa berat kompetisi pada keyword sehingga kita bisa mengetahui seberapa giat Anda harus bekerja untuk mengatasi kompetisi tersebut. Dengan mudah kita bisa mencari keadaan kompetisi itu melalui Google Alerts. Kita cukup membuat alert dengan keyword tersebut dan Google Alerts akan menginformasikan kepada kita seberapa banyak postingan tentang keyword ini setiap durasi waktu. Semakin banyak jumlah postingan berarti semakin berat kompetisi di keyword tersebut.

5. Mengetahui informasi lomba dengan cepat

Nah, ini buat blogger yang doyan ikutan lomba. Contoh, jika Anda doyan ikutan “kontes SEO” atau “lomba menulis”, Anda cukup membuat alert dengan kedua keyword ini dan mengubah opsi “How often” menjadi “as it happens”. Google Alerts akan menginformasikan lewat e-mail setiap kali ada postingan tentang “kontes SEO” atau “Lomba Menulis”. Dengan begitu Anda memiliki persiapan yang cukup untuk memenangkan lomba tersebut.

Kesimpulan

Google Alerts sangat membantu bagi kita sebagai blogger jika kita tahu bagaimana menggunakannya. Google Alerts bisa menyuplai kita dengan banyak informasi berguna yang sangat diperlukan untuk mengembangkan aktivitas ngeblog kita.

Sumber: http://gratisanlounge.blogspot.com/

Entry filed under: tips ngeblog. Tags: .

Inilah 9 Cara Hacker Membongkar Password 10 Orang Yang Kaya Karena Youtube

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Pengunjung Online


Afiadi's Soenarto Family Blog

Sebaik-baik manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia yang lain

4staff

share for the best future

Situsguru.com

Belajar Ngeblog

%d blogger menyukai ini: