Trik Makan Sehat Sambil Bekerja

30 Maret 2011 at 15:07 Tinggalkan komentar

Menumpuknya pekerjaan kadang membuat Anda tak bisa rehat untuk makan siang. Terpaksalah makan siang dilakukan di depan komputer atau sambil bekerja. Berhati-hatilah, karena hal ini bisa memicu obesitas dan aneka penyaki. Simak trik menyiasatinya.

Pekerjaan yang menumpuk kadang mengharuskan Anda makan di meja  kerja tanpa berpaling dari layar komputer. Membosankan? Itu sudah pasti, namun Anda tetap bisa menyiasatinya agar acara makan siang  tetap menyenangkan dan terhindar dariobesitas.

Berikut ini 7 tips seperti yang diulas oleh WebMD:

1. Perhatikan Makanan Anda
Meski sibuk, tetap perhatikan apa yang Anda makan. Jangan sampai Anda makan berlebih karena terlalu fokus pada pekerjaan  di layar komputer. “Karena biasanya mereka yang makan sambil menatap layar komputer hanya berhenti makan apabila perut sudah mulai terasa penuh. Tanpa memperhatikan berapa banyak makanan yang sudah masuk ke dalam mulut,” ujar Hall, Penasihat Kesehatan dan Olahraga di Arizona Governor’s Council.

2. Bawa Bekal

Membawa bekal dari rumah adalah cara sehat dan juga hemat mendapatkan makanan yang lebih baik. Bawalah menu sehat seperti salad, komplet dengan potongan daging ayam, kacang-kacangan, dan tentunya sayuran. Dengan begitu kebutuhan  akan serat dan protein terpenuhi.

3. Tetap Bergerak
Meskipun makan di depan komputer, bukan berarti menjadi alasan  untuk tidak ‘bergerak’. Meskipun sedikit, usahakan Anda banyak melakukan aktivitas di kantor. Misalnya, mengambil air minum di pantry, foto copy, atau menghampiri meja rekan jika butuh sesuatu tanpa memakai messanger.

4. Bersihkan Meja
Membersihkan dan merapikan meja kerja adalah salah satu cara mendapatkan suasana baru. Apalagi  sering sekali makan di meja kerja. Pastikan mouse, keyboard bahkan telepon sudah dibersihkan agar tidak tertinggal sisa minyak atau sambal karena makanan.

5. Gunakan Tatakan
Saat makan di meja kerja , ada baiknya menggunakan tatakan (placemat) baik yang terbuat dari kain ataupun dari plastik. Agar meja tidak berantakan dan apabila ada makanan yang tercecer tidak akan mengotori meja kerja. Tentunya kuman dan bakteri pun enggan mampir.

6. Ajak Teman Makan Bersama
Apabila Anda harus makan di meja kerja, ajak rekan kerja untuk makan bersama. Buat janji sekali waktu untuk membawa bekal bersama, selain  memiliki teman  makan siang Anda pun bisa berdiskusi dengan rekan kerja Anda lebih santai.

7. Jangan Jadikan Kebiasaan

Tanpa disadari, kebiasaan makan di depan komputer menjadi suatu kebiasaan. Bukan berarti ini menjadi kebiasaan yang jelek, tapi Anda tetap saja harus waspada. Karena jika dilakukan terus-menerus juga tidak baik untuk kesehatan dan lingkungan pergaulan.



Sumber: http://food.detik.com

Entry filed under: artikel. Tags: .

Air Putih Melunturkan Lemak? Penolakan Bisa Membuat Orang Benar-benar Sakit

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Pengunjung Online


Afiadi's Soenarto Family Blog

Sebaik-baik manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia yang lain

4staff

share for the best future

Situsguru.com

Belajar Ngeblog

%d blogger menyukai ini: