Cara Menginstall google analytics pada blogger

6 April 2011 at 11:14 Tinggalkan komentar

Google Analytics merupakan suatu tools yang sangat bagus untuk menganalisa dan melihat statistik blog, khususnya blogger. Tujuan install google analytics pada blogger adalah untuk melihat informasi dari blog anda, seperti: apa yang pengunjung cari di blog anda, dari mana mereka datang, berapa lama mereka berada pada blog, keyword apa yang mereka gunakan untuk menemukan blog anda, artikel mana yang paling populer dan masih banyak lagi.

Nah, pada tutorial berikut ini saya akan mencoba membuat panduan atau cara install google analytics pada blogger. Caranya sangat gampang, nggak perlu takut. Saya yakin dengan mengikuti tutorial ini anda pasti berhasil mendaftarkan blog anda di google analytics.

Secara garis besar tutorial ini akan saya bagi jadi 3 langkah:

Langkah 1, cara daftar google analytics
Langkah 2, cara pasang kode google analytics pada blogger

Langkah 3, mengaktifkan sistem tracking google analytics

Okey, ini dia tutorial lengkapnya…

Dari browser ketik/klik http://www.google.com/analytics dan login menggunakan user id blogger. Jika anda belum punya akun google anda buat akun baru saja. Caranya, klik Sign Up >> dan lanjutkan kelangkah selanjutnya anda harus mengisikan informasi umum seperti Your Current Email Address, Choose a password, re-enter password, Word verification. Selanjutnya klik tombol I Agree. Create my Account, jika sudah selesai login ke akun blogger anda tersebut. Untuk lebih jelas lihat pada gambar berikut:

Setelah login anda harus mendaftar lagi ke google analytics, caranya klik Sign Up.

Lengkapi data2 anda seperti: URL situs/blog, Account Name, Time Zone Country/Territory, Country and Time Zone, selanjutnya klik tombol Continue.

Langkah selanjutnya anda harus mengisi lagi informasi seperti: First Name, Last Name, Phone Number and Country. Klik lagi tombol Continue. Terakhir, anda diminta untuk menyetujui persyaratan (baca dulu…) atau lanjutkan saja.

Klik/centang pada tulisan Yes, i agree to the aboves terms and conditions dan klik Create New Account >>, muncul tampilan baru. Lihat pada gambar dibawah ini:

Kode diatas (yang diblok) harus anda copy/paste kedalam script blogger. Caranya klik pada kotak dan copy/paste kode tersebut misalnya pada notepad. Kode google analytics ini akan kita perlukan nanti untuk disisipkan pada kode template blogger anda.

Selanjutnya klik tombol Continue >>. Anda akan dibawa menuju dasbor google analytics. Sekarang anda sudah bisa melihat blog anda disitu, tetapi masih belum ada statistik blognya. Namanya juga baru…ntar harus diaktifkan dulu.

Langkah 2, Cara pasang kode google analytics ke blogger

Login ke akun blogger, Dasbor, Tata Letak, Edit Html, centang/klik pada Expand Template Widget. (sebelum melakukan perubahan pada template blog, sebaiknya anda back up dulu template anda, caranya klik pada Download Template Lengkap).

Pada bagian kode template blogger anda, cari kode/tag . Gmana, sudah nemu? Biar lebih gampang, tekan CTRL + F pada keyboard dan tulis .

Jika sudah nemu, paste kode google analytics tepat diatas kode/tag . Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelas lagi.

 

 Periksa apakah sudah benar, selanjutnya klik tombol Simpan Template.

Langkah 3, mengaktifkan sistem tracking google analytics

Sekarang anda kembali lagi ke dasbor google analytics dan lihat logo tanda seru warna kuning. Tanda itu maksudnya google analytics belum aktif, jadi tugas anda belum selesai anda harus mengaktifkan google analytics terlebih dulu agar bisa melihat statistik blog.


Cara mengaktifkan google analytics:

Klik Edit (sebelah kanan URL blog anda, ditandai warna merah pada gambar diatas).
Setelah klik anda akan melihat tampilan seperti dibawah ini, pesan yang timbul ”Tracking Not Installed”. Klik pada ”Check Status” request agar google analytics untuk mengunjungi blog dan memeriksa kode google analytics yang baru saja anda copy/paste pada template blogger blog anda.




Jika proses copy/paste code sukses maka google analytics akan mengindex atau melakukan tracking semua isi blog anda. Biasanya butuh waktu 1 jam untuk tracking blog anda, bisa juga lebih lama tetapi paling lama 3 hari.

Okey, sekarang proses install google analytics ke blogger sudah selesai. Dengan tools ini anda bisa melihat statistik blog, dari data tersebut anda bisa melihat jenis artikel yang paling disukai oleh audience blog anda sehingga anda bisa lebih fokus untuk menulis artikel untuk blog anda.

Sumber: ttp://www.kiosgratis.co.cc

Entry filed under: tip dan trik blogger, tips ngeblog. Tags: .

Tips untuk Meningkatkan CPC (Cost Per Click) pada Adsense 12 Fitur Keren Facebook Yang Ada Di Kehidupan Nyata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Pengunjung Online


Afiadi's Soenarto Family Blog

Sebaik-baik manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia yang lain

4staff

share for the best future

Situsguru.com

Belajar Ngeblog

%d blogger menyukai ini: