Efek Buruk Stres pada Daya Ingat Jangan biarkan memori rusak, karena stres berkepanjangan.

7 April 2011 at 22:29 Tinggalkan komentar

VIVAnews –  Jangan biarkan diri Anda selalu mengalami stres. Efek jangka panjangnya ternyata bisa menurunkan tingkat memori saat usia tua. Peneliti dari Edinburgh University, Inggris menunjukan bagaimana dua reseptor pada otak yang tua, bereaksi pada hormon kortisol, pemicu stres.

Kondisi tersebut berhubungan dengan menurunnya daya ingat saat tua. Studi ini menemukan bahwa salah satu reseptor otak akan berada dalam keadaan aktif jika level kortisol rendah, dan membantu kerja memori. Namun, ketika kadar hormon kortisol terlalu tinggi, maka akan menuju reseptor kedua, yang mengaktifkan proses otak pemicu gangguan memori.

Penelitian ini berusaha menjelaskan mengapa stres jangka panjang, bisa merusak penyimpanan memori pada otak sehari-hari. Meskipun pada beberapa hal, sedikit stres dapat membantu seseorang mengingat kenangan emosional secara lebih baik.

“Sementara kita tahu bahwa hormon stres mempengaruhi memori, penelitian ini menjelaskan bagaimana reseptor dapat mengubah fungsi memori yang baik menjadi buruk di usia tua,” kata Dr. Joyce Yau, salah seorang peneliti, seperti dikutip dari Daily Mail.

Menurut Yau, dengan diketahuinya mekanisme dalam otak, yang memengaruhi memori seiring bertambahnya usia, bisa membantu untuk menemukan cara pencegahan menurunnya daya ingat. Tim peneliti saat ini mencari senyawa kimia terbaru yang dapat menutup enzim 11beta-HSD1.
Enzim tersebut diketahui memproduksi hormon stres di dalam sel. Mereka berharap hasil penelitian ini dapat digunakan untuk pengembangan obat, untuk memperlambat penurunan daya ingat pada orang tua. (pet)

Sumber: • VIVAnews

Entry filed under: Wawasan. Tags: .

Kenali Pemicu Nyeri Lutut Beberapa kebiasaan buruk, bisa memicu nyeri lutut atau bahkan merusak fungsinya. Inilah 7 ALasan Kita Harus Bersepeda Mulai Sekarang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Pengunjung Online


Afiadi's Soenarto Family Blog

Sebaik-baik manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia yang lain

4staff

share for the best future

Situsguru.com

Belajar Ngeblog

%d blogger menyukai ini: