Kenali Pemicu Nyeri Lutut Beberapa kebiasaan buruk, bisa memicu nyeri lutut atau bahkan merusak fungsinya.

7 April 2011 at 22:25 Tinggalkan komentar

VIVAnews – Kerja lutut Anda tidak ringan, karena setiap hari digunakan untuk menyangga tubuh. Tekanan juga dialami lutut setiap hari, jadi tidak heran kalau nyeri lutut seringkali timbul.

Beberapa kebiasaan buruk, bisa memicu nyeri lutut atau bahkan yang lebih parah, merusak fungsinya sehingga tidak bisa digunakan lagi. Cara berdiri, berjalan dan bergerak memiliki dampak besar pada kesehatan sendi lutut Anda. Sebagai langkah pencegahan, ketahui apa saja empat pemicu nyeri dan gangguan lutut agar Anda bisa menghindarinya.

1. Bobot tubuh berlebihan
Lutut berfungsi menyangga keseluruhan bobot tubuh. Jadi sangat penting untuk menjaga berat badan agar tetap dalam keadaan normal. Faktanya, orang obesitas memiliki risiko besar mengalami osteoarthritis karena, berat badan berlebih mempercepat rusaknya tulang rawan. Menurunkan atau selalu menjaga bobot tubuh dalam keadaan normal adalah salah satu cara agar terhindar dari nyeri lutut.

2. Kurang olahraga
Olahraga teratur penting untuk menjaga kekuatan lutut. Tanpa olahraga, otot akan melemah, tulang, tendon, ligamen, dan sendi juga rentan terhadap pergeseran yang memicu rasa sakit.

Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti berlari atau berjalan untuk menjaga kesehatan lutut. Sebagai alternatif, lakukan juga olahraga air seperti berenang secara teratur.

3. Aktivitas fisik berlebihan
Meskipun olahraga sangat penting bagi kesehatan lutut, tapi jangan melakukannya secara berlebihan. Lakukan secukupnya saja. Jika mengalami nyeri setelah berolahraga, sebaiknya hentikan dulu untuk sementara. Untuk menghindari nyeri setelah olahraga, selalu lakukan pemanasan dan pendinginan selama sekitar 5 hingga 10 menit.

4. Sepatu yang tidak nyaman
Pastikan sepatu Anda nyaman dipakai dan mampu menyangga kaki dengan baik. Hal ini sangat penting karena jika sepatu tidak mampu menyangga dengan baik, akan menimbulkan rasa nyeri pada kaki dan juga lutut. (pet)

• VIVAnews

Entry filed under: Wawasan. Tags: .

Efek Negatif Buat Pengangguran Efek Buruk Stres pada Daya Ingat Jangan biarkan memori rusak, karena stres berkepanjangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Pengunjung Online


Afiadi's Soenarto Family Blog

Sebaik-baik manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia yang lain

4staff

share for the best future

Situsguru.com

Belajar Ngeblog

%d blogger menyukai ini: