Google +1 untuk Pencarian Sosial Lebih Baik

10 April 2011 at 13:57 Tinggalkan komentar

Beberapa hari terakhir ini, sangat ramai diberitakan di internet bagaimana reaksi Google terhadap kemajuan yang terus dialami berbagai situs  social media terutama Facebook. Hal yang lebih menyakitkan bagi Google adalah kemajuan Facebook tersebut sebagian karena bekas pegawai Google yang pindah dan berkerja di Facebook. Tidak bisa dibantah, eks Googlers adalah orang-orang pintar yang banyak diburu terutama oleh Facebook sehingga hal ini makin mempercepat kemajuan Facebook karena eks Googlers ini tidak disangsikan lagi kualitasnya.
Suhu persaingan Facebook dengan Google semakin naik setelah Google berganti CEO dengan turunnya Eric Schmidt dan diganti oleh Larry Page. Sebuah bocoran tentang situasi Google yang sangat khawatir dengan kemajuan Facebook diberitakan oleh businessinsider.com. Rasa khawatir ini diperlihatkan oleh dengan adanya sebuah lukisan yang dijadikan inspirasi untuk memacu karyawan Google untuk bekerja lebih baik agar tidak ditumbangkan oleh Facebook. Lukisan berjudul Emerald Sea karya Albert Bierstadt berangka tahun 1887 tersebut menggambarkan sebuah kapal yang digulung ombak besar. Ombak besar tersebut diumpamakan Facebook sementara kapal yang digulung ombak adalah Google. Mungkin eksekutif Google memperingatkan Googlers bahwa inilah yang akan terjadi jika mereka tidak segera menahan laju kemajuan Facebook terutama di social media.
Judul lukisan Emerald Sea ini kemudian dijadikan proyek oleh para Googler untuk melahirkan sebuah inovasi baru dalam mesin pencarian yang disebut Google +1. Google +1 adalah sebuah inovasi baru Google untuk membuat hasil pencari dengan mesin pencari Google semakin relevan atau tepatnya sebuah perangkat yang bisa digunakan untuk mendapatkan pencarian sosial yang lebih relevan. Kelebihan Google +1 ini adalah pada kesederhanaannya dan berupa adds-on di mesin pencari Google. Tujuan Google +1 tak lain adalah untuk menyaingi LIKE button Facebook yang banyak dijadikan rujukan orang-orang yang mencari sesuatu di internet, misalnya restoran pizza, toko yang menjual peralatan bayi yang murah dan lain sebagainya. LIKE button ini disukai karena ini merupakan rekomendasi seorang teman kepada teman yang lain karena di social media sepertinya berlaku asumsi bahwa jika teman saya suka tentu saya akan suka pula.
Nah tentu anda bertanya bagaimana menggunakan Google +1 ini bukan? Untuk mengaktifkan Google +1 ini sangat mudah jika anda sudah memiliki akun Google. Jika belum buatlah akun anda terlebih dahulu dan setelah membuat aku anda dapat mengunjungi halaman Google Profile yang terlihat sebagai berikut.
Karena anda sudah memiliki akun Google, klik Masuk Untuk Melihat Profil. Anda akan menemukan halaman untuk masuk seperti berikut ini.

Masukkan nama profil anda dan password sehingga anda bisa melihat halaman berikutnya dari Google Profile anda seperti berikut ini.

Di halaman ini anda dapat memasukkan informasi tentang diri anda, antara lain foto, cerita singkat tentang siapa diri anda, pekerjaan, tempat kerja, pendidikan, tempat yang pernah ditinggali, bagaimana anda bisa dihubngi di rumah, di kantor, siapa paca atau istri/suami anda, jenis hubungan yang anda cari, nama julukan, jenis kelamin dan sebagainya. Anda dapt mengedit informasi ini dan membatasi siapa saja yang boleh melihat informasi profil anda. Sangat mudah dan tidak berbelit, simpel, sederhana dan tidak menimbulkan banyak keraguan dalam mengisinya.
Setelah selesai mengisi profil anda, tahap selanjutnya adalah menuju ke halaman Google’s Experimental page.

Di halaman ini anda akan memperoleh panduan bagaimana menghasilkan pencarian yang relevan. Untuk memulainya klik Join Experiment, tunggu beberapa saat sehingga Gogle +1 aktif di profil anda. Saya telah mencoba masuk ke halaman ini dan mengaktifkan Google +1 namun agak bingung juga ketika saya aktifkan, mestinya tab +1 akan terlihat di profil saya, namun sampai sekarang belum terlihat. Nah saya kira karena mesin pencari yang saya pakai terlokasi dengan google.co.id yang menjadi penyebabnya sehingga tab Google +1 ini tidak terlihat karena di halaman Google Experimental dinyatakan halaman Google Global, yaitu Google.com. Mungkin juga karena beberapa alasan lain, seperti profil yang tidak saya isi lengkap dan daftar teman yang ada di kontak belum saya masukkan sehingga memengaruhi hal ini.

Dengan layanan Google +1 ini Google memberikan kesempatan kepada user untuk memberikan vote terhadap hasil pencarian dan bisa merekomendasikannya kepada teman yang ada dalam daftar pertemanan atau kontak anda yang ada di Gmail atau Google Reader.

Sebenarnya layanan yang baru diluncurkan beberapa hari yang lalu ini sudah lama beredar rumornya. Banyak orang menyangka bahwa yang akan diluncurkan oleh Google adalah situs media sosial tersendiri untuk menyaingi Facebook dan Twitter dan berbagai media sosial lainnya dengan nama Google Circles. Namun kenyataannya tidak demikian. Tampaknya Google sedikit konservatif dan tidak mau langsung mendirikan media sosial versi mereka sendiri dan lebih memilih untuk memperkuat core business mereka di bidang pencarian dengan memberikan Google +1 untuk pencarian sosial yang lebih baik.

Menurut Google layanan ini pada awalnya hanya akan ada di mesin pencari Google, namun nantinya akan ditempatkan di mana saja layaknya LIKE button Facebook dan retweet button Twitter. Sumber businessinsider.com berspekulasi bahwa nantinya layanan Google +1 ini digunakan tidak hanya untuk memberikan rekomendasi untuk hasil pencarian sosial yang lebih baik, tetapi juga membawa stream konten dan URL layaknya News Feed yang ada di Facebook.

Bila anda masih ragu dengan video di atas businessinsider memperlihatkan hasil pencarian setelah mereka mengaktifkan Google +1 seperti gambar berikut ini.

Dari hasil pencarian tersebut dengan mengklik link hasil pencarian di atas makan link businessinsider di atas akan berada di halaman profil sehingga bisa di-share dengan teman-teman yang lain. Perhatikan gambar berikut ini.

Selanjutnya anda akan men-confriam dengan mengklik Confirm and +1, berilah centah pada kotak di atas agar informasi yang anda rekomendasikan ini akan disebar di internet, terutama di mesin pencari dan  iklan. Setelah melakukan hal ini profil anda akan terlihat sebagai berikut.

Apa yang telah anda share sebelumnya akan terlihat di halaman profil anda sehingga bila teman anda melihat profil anda ia bisa mengklik link tersebut dan bisa mengunjungi halaman yang ada di link tersebut. Anda tenttu tertarik untuk mencobanya bukan? Selamat mencoba. Kalau ada masalah diskusikan di kolom komentar di bawah, kita akan sama-sama belajar.

Sumber: teknologi.kompasiana.com

Entry filed under: Internet. Tags: .

Aplikasi Pengeciil Ukuran Foto (Size) Tips Untuk Lebih Mencintai Buku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Pengunjung Online


Afiadi's Soenarto Family Blog

Sebaik-baik manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia yang lain

4staff

share for the best future

Situsguru.com

Belajar Ngeblog

%d blogger menyukai ini: