Trik Cerdas Konsumsi Makanan

16 April 2011 at 16:10 Tinggalkan komentar

Selektif memilih makanan adalah kunci utama kesehatan Anda.

Sebagai pekerja, Anda pasti lebih sering menghabiskan waktu di luar rumah. Untuk makan siang, bahkan sarapan dan makan malam pun seringkali harus membeli makanan di luar.

Kebiasaan makan di luar ini seharusnya dibarengi dengan sikap selektif Anda dalam memilih makanan. Itu karena dengan banyaknya pilihan menu makanan di luar, bisa membuat Anda menjadi tidak terkontrol.

Makan di restoran, warung atau rumah makan memang menjadi pilihan utama para pekerja yang sibuk. Makan di rumah pun lebih sering dilakukan saat akhir pekan, padahal masakan rumah itu jauh lebih sehat.

“Hal itu membuat mereka yang seringkali makan di luar berisiko mengalami kegemukan, kolesterol atau darah tinggi,” kata dr Diana Suganda, ahli nutrisi dari InterMED Health Care & Beauty Clinis, saat ditemui di Intercontinental Mid Plaza, Jakarta, 24 Februari 2011.

Untuk menghindarinya, Anda memang harus lebih selektif dalam memilih makanan. Menurutnya, batasi konsumsi makanan yang mengandung kadar lemak jenuh tinggi, seperti daging merah, susu murni dan unggas. Itu karena lemak jenuh bisa memicu peningkatan kadar kolesterol jahat dalam darah yang berdampak pada penyakit jantung koroner.

“Lebih baik memilih daging putih, seperti ikan laut atau pun ikan air tawar. Olahannya pun sebaiknya dikukus atau dipanggang. Konsumsi daging merah sebenarnya bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan lemak dan protein tubuh tetapi sebaiknya jangan berlebihan. Variasikan dengan menu makanan lain, agar lebih sehat,” kata dr Diana.

Keseimbangan nutrisi juga tak kalah penting. Asupan karbohidrat, protein, lemak, dan serat harus diperhatikan. Pastikan, ketika Anda memilih menu makanan saat makan di luar, nutrisinya terpenuhi dengan baik.

“Seringkali seseorang hanya mengonsumsi karbohidrat, lemak dan protein, seperti nasi dan lauk pauk. Kebutuhan tubuh akan serat pun jadi tidak terpenuhi. Padahal serat sangat penting untuk melancarkan pencernaan dan membantu sistem pengeluaran berfungsi dengan baik,” kata dr Diana

Jika memang tidak ada sayur atau Anda tidak suka sayur, mengonsumsi buah adalah cara lain untuk memenuhi kebutuhan serat. Sediakan saja buah dingin dalam potongan kecil. Anda bisa menikmatinya sambil bekerja sebagai cemilan sehat.

Sumber: VIVAnews.com

Entry filed under: Info Sehat, Tip dan trik. Tags: .

Ramuan Alami Pereda Sakit Kepala Manfaat MakanTelur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Pengunjung Online


Afiadi's Soenarto Family Blog

Sebaik-baik manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia yang lain

4staff

share for the best future

Situsguru.com

Belajar Ngeblog

%d blogger menyukai ini: