Tip dan Trik Agar Tidak Keguguran

20 April 2011 at 16:42 Tinggalkan komentar

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengindari mimpi buruk itu terulang. Apa saja?
Ingin mendapatkan momongan, tapi gagal karena keguguran? Tenang! Anda tidak sendirian. Pasalnya, presentase keguguran bagi seorang wanita antara 15 – 50 persen dari kehamilan yang terjadi.

Jangan cemas. Masih banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengindari mimpi buruk itu terulang. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memperkecil risiko keguguran, dikutip dari laman Shine Yahoo.
1. Kenali kondisi tubuh
Bila Anda berencana hamil, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan pemeriksaan terhadap faktor-faktor berisiko seperti masalah yang berhubungan dengan diabetes, tekanan darah tinggi, sindrom ovarium polycstic, fibroid, atau kelainan tiroid.

Periksalah riwayat kesehatan Anda, teliti juga obat, jamu, dan suplemen yang pernah Anda konsumsi. Anda juga harus berhati-hati dengan obat-obat yang dapat dengan mudah didapatkan tanpa resep, seperti ibuprofen atau herbal seperti ginkgo.

Lakukan pula diskusi dengan keluarga untuk mengetahui sejarah keguguran pada keluarga besar. Konsultasikan kepada dokter untuk menemukan solusi atas masalah Anda.

2. Hindari stres
Stres bukanlah hal yang baik jika Anda sedang merencanakan kehamilan atau dalam kondisi hamil. Peneliti asal Inggris menemukan, perasaan senang, santai, atau terkontrol dapat mengurangi risiko keguguran sebanyak 60 persen.

Untuk merasakan kebahagiaan di saat hamil, lakukan olahraga ringan seperti senam hamil, makan malam dengan teman-teman atau orang-orang terdekat, atau tonton acara TV favorit Anda.

Bagaimana jika meredam stres dengan seks? Menurut Jonathan Scher, MD, asisten profesor klinis kebidanan dan ginekologi di Mt Sinai Medical Center di New York, Anda harus melewati hubungan intim dengan suami Anda pada trimester pertama, karena hormon dalam air mani dapat merangsang kontraksi. Setelah embrio cukup kuat dan tertanam sepenuhnya pada rahim, Anda dan pasangan dapat menikmati hubungan seksual.

3. Lakukan uji kromosom
Setelah mengalami keguguran, lakukan analisis terhadap kromosom pada jaringan janin. Hal ini sangat berguna untuk mendapatkan informasi terkait masalah kandungan yang Anda alami. Pengujian ini dapat mengungkapkan permasalahan jika terdapat masalah kromosom yang tidak dapat dihindari, penyebab 50 persen keguguran.

Jika hasil tes tidak normal (jaringan memiliki jumlah kromosom yang tidak normal), maka hal tersebut adalah kabar baik untuk Anda karena tidak ada masalah yang berarti pada tubuh Anda. Hal tersebut adalah peristiwa acak, risiko keguguran pun akan semakin berkurang. Waktunya Anda mencoba lagi.

Namun, jika hasil tes kromosom pada janin menunjukkan hasil yang normal, maka harus diadakan pengujian lanjutan. Namun sayangnya, pengujian penting ini masih sangat jarang dilakukan karena pedoman dalam dunia medis tidak merekomendasikan hal tersebut kecuali jika Anda memiliki sejarah keguguran yang selalu berulang.

4. Lakukan tes ulang
Jika kromosom janin Anda normal dan hal ini adalah keguguran Anda yang kedua atau ketiga, maka ada kesempatan bagi Anda untuk memperbaikinya dalam pengujian lanjutan.

Pengujian tersebut meliputi pengujian gen yang mungkin berhubungan dengan pembekuan darah, lemahnya leher rahim, ketidakseimbangan hormon, atau bahkan masalah kekebalan tubuh seperti lupus.

Jika Anda memiliki masalah pembekuan darah, obat anticlotting dapat mengurangi risiko keguguran sebanyak 75 persen. Namun, jika leher rahim Anda lemah, maka Anda memerlukan jahitan pada trimester pertama sehingga dapat mencegah serviks mengalami pembukaan awal dan persalinan prematur.

Sumber: http://kosmo.vivanews.com

Entry filed under: artikel, Info Sehat, Tip dan trik. Tags: .

Manfaat Buah Apel Manusia Memiliki Tipe Pencernaan Yang Berbeda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Pengunjung Online


Afiadi's Soenarto Family Blog

Sebaik-baik manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia yang lain

4staff

share for the best future

Situsguru.com

Belajar Ngeblog

%d blogger menyukai ini: