Manusia Memiliki Tipe Pencernaan Yang Berbeda

21 April 2011 at 12:03 Tinggalkan komentar

 Selain dibagi menjadi beberapa golongan darah, manusia ternyata juga bisa dibedakan dari tipe pencernaan yang dimilikinya.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan Stanislav Dusko Ehrlich, seorang profesor di National Agronomy Research Institute Prancis, manusia memiliki tiga tipe pencernaan yang berbeda. Ketiga tipe pencernaan itu adalah bacteorides, prevotella dan ruminococcus, dinamakan sesuai dengan mayoritas bakteri yang hidup dalam usus. Demikian seperti dilaporkan Straits Times, Kamis (21/4/2011).

Penggolongan yang disebut ‘enterotypes’ ini ditemukan di berbagai populasi di seluruh dunia dan tidak tergantung pada ras, negara asal, diet, usia ataupun kondisi kesehatan seseorang.

Namun tim peneliti belum bisa memastikan apakah tipe pencernaan seseorang bisa berubah di kemudian hari.

Penemuan ini dinilai sangat penting karena bisa membantu dokter mendeteksi dan memprediksi risiko sejumlah penyakit, mulai dari kanker usus, diabetes sampai penyakit Crohn atau radang usus parah.

Tim peneliti juga menemukan beberapa jenis bakteri yang terdapat dalam masing-masing tipe pencernaan ternyata bisa mendorong kondisi obesitas. Ini turut menjelaskan mengapa beberapa orang lebih sulit mengurangi kelebihan berat badan.

“Semakin efesien bakteri itu menyerap energi dari makanan, semakin besar potensi orang itu memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang tinggi,” jelas Ehrlich.

Studi ini juga mengungkapkan bahwa produksi vitamin juga bervariasi di antara ketiga tipe pencernaan. Mereka yang memiliki pencernaan bacteorides lebih mampu memproduksi vitamin C, B2 dan B5. Sementara mereka yang berada di grup prevotella menunjukkan kandungan B1 dan asam folic yang lebih tinggi.

Meski begitu, tim peneliti menegaskan jika hasil temuan ini diperoleh dari sampel beberapa ratus orang, sehingga dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah terdapat tipe pencernaan lain yang belum terdeteksi.

 
Sumber: techno.okezone.com 

Entry filed under: artikel, Info Sehat. Tags: .

Tip dan Trik Agar Tidak Keguguran Manfaat Game Buat Anak Autis Lebih Sosial

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Pengunjung Online


Afiadi's Soenarto Family Blog

Sebaik-baik manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia yang lain

4staff

share for the best future

Situsguru.com

Belajar Ngeblog

%d blogger menyukai ini: