Tips Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan BlackBerry Playbook, Samsung Galaxy Tab dan Apple iPad

29 April 2011 at 11:39 4 komentar

Apple iPad menggunakan sistem operasi iOS 3.2 dan akan segera diupdate dengan iOS 4.2, Samsung Galaxy Tab menggunakan Android versi 2.2 yang lebih dikenal dengan Froyo dan Blackberry Playbook akan menggunakan OS sendiri, Blackberry Tablet OS yang dikembangkan oleh QNX technology. Playbook dan Galaxy Tab sudah full multitasking disaat iPad yang sekarang belum, hanya aplikasi tertentu yang bisa dijalankan bersamaan di iPad seperti musik (iPod) dan Email.
Apabila anda menginginkan iPad yang sudah full multitasking/multiprocessing maka tunggulah iPad terbaru dengan iOS 4.2.

Seperti kita tahu aplikasi untuk iPad tersedia melimpah di Apple App Store sedangkan Samsung Galaxy Tab dengan Android OS-nya juga akan tersedia banyak di Andoid Market. Lain halnya dengan Playbook yang menggunakan OS baru. Meskipun aplikasi yang disediakan untuk Playbook akan diintegrasikan dan akan kompatibel dengan aplikasi untuk blackberry lainnya, sepertinya itu masih akan membutuhkan waktu yang lama. Mungkin karena itulah penjualan Blackberry Playbook menunggu sampai awal tahun depan.
Perlu diketahui juga bahwa Samsung Galaxy Tab dan Blackberry Playbook support dengan Adobe sedangkan karena alasan efisiensi baterai fitur ini tidak support di iPad.
Ketiga tablet ini menggunakan processor 1GHz dimana Playbook telah menggunakan processor dual-core. Selain itu diantara ketiga gadget mobile ini Playbook-lah yang memiliki memori terbaik, yakni 1GB RAM disaat Galaxy Tab hanya setengahnya dan iPad bahkan hanya seperempatnya. Dengan spec seperti ini, performa BlackBerry Playbook akan jauh lebih baik dibandingkan kompetitornya, iPad dan Galaxy Tab.
Diantara ketiga tablet terbaru ini Apple iPad-lah yang memiliki ukuran layar yang paling lebar yakni 9.7 inci dengan resolusi 1024×768 sedangkan Blackberry Playboook dan Samsung Galaxy Tab sama-sama memiliki ukuran layar lebih kecil, hanya 7 inci dengan resolusi 1024×600. Semuanya dengan layar touchscreen dan sudah support multi-touch dan gesture (kontrol dengan gerakan). Apabila ukuran layar menjadi pertimbangan anda dalam memilih tablet PC maka iPad-lah yang mesti anda pilih. Dengan ukuran dan tampilan layarnya yang lebih lebar dan lebih bagus, saya kira dengan iPad bermain game dan menjalankan file multimedia seperti video akan jauh lebih menyenangkan.
Dalam hal multi-touch dan gesture tidak diragukan lagi, Apple iPad-lah yang menyajikan user interface terbaik.
Sedangkan dalam hal berat/bobot, BlackBerry Playbook dan Samsung Galaxy Tab jauh lebih enteng (ringan) dibandingkan iPad. Bahan yang digunakan dan ukuran layar yang lebih besar pada iPad mungkin menjadi penyebab hal ini.
Dengan ukuran layar yang lebih besar Apple iPad justru bisa menyajikan performa baterai yang lebih baik dari pesaingnya, Galaxy Tab dan Playbook. Baterai iPad bisa bertahan 9 sampai 10 jam apabila digunakan untuk internet, mendengarkan musik atau video disaat Samsung Galaxy hanya bisa bertahan sampai 7 jam.
iPad dan Playbook hanya menyediakan storage internal dengan pilihan 16GB dan 32GB -untuk iPad tersedia juga iPad model 64GB- sedangkan Galaxy Tab, selain media internal yang 16GB dan 32GB juga disediakan slot microSD card yang up to 32GB.
Koneksi data diketiga tablet PC ini sudah support dengan Bluetooth dan Wifi. Samsung Galaxy Tab memiliki koneksi Bluetooth yang lebih baik yang sudah 3.0 tapi dengan Wi-Fi yang hanya support 802.11/b/g/n, tidak seperti iPad dan Playbook yang sudah 802.11a/b/g/n.
Galaxy Tab sudah ready untuk jaringan 3G seperti halnya iPad 3G model, tidak seperti Playbook yang belum belum menyediakan opsi 3G.
Untuk koneksi kabel, iPad menyediakan Dock Connector dan headphone/AV out sedangkan Galaxy Tab menyediakan slot headphone/AV dan 30-pin plug dan Playbook menyediakan slot microHDMI, microUSB dan headphone out
iPad belum menyediakan fasilitas kamera disaat kedua rivalnya Samsung Galaxy Tab dan Blackberry Playbook masing-masing telah menyediakan 2 kamera, depan dan belakang untuk keperluan video conference/chat dan memotret. Playbook menyediakan kamera yang lebih bagus, 3 MP untuk depan dan 4MP untuk belakang sedangkan Samsung Galaxy Tab depan hanya 1.3MP dan belakang 3.2MP.
Harga iPad mulai dengan $500, Samsung Galaxy Tab $900 dan diperkirakan harga Blackberry Playbook tidak akan melebihi harga Samsung Galaxy Tab.
Nah, kira-kira diantara ketiga tablet PC di atas mana yang paling bagus. Jawabannya adalah tergantung dari kebutuhan kita masing-masing. iPad, Galaxy Tab dan Blackberry Playbook memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Dengan ketersediaan aplikasi yang banyak dan dengan layar yang lebih lebar iPad adalah pilihan yang tepat apabila anda mengiginkan tablet PC untuk keperluan bermain game, membaca ebook, berselancar di internet dan berbagai kebutuhan multimedia lainnya termasuk mendegarkan musik. Akan tetapi apabila anda membutuhkannya untuk keperluan bisnis dan kebetulan saat ini anda telah memiliki Handheld Blackberry maka Playbook bisa menjadi pilihan yang terbaik. BlackBerry Playbook ini bisa di-pairing dengan aplikasi di Handphone Blackberry seperti BBM dan email sehingga akan lebih menyenangkan menggunakannya di layar yang lebih lebar. Selain itu fitur dan beberapa specs yang dimiliki oleh Playbook tidak boleh anda anggap remeh sehingga tidak salah apabila anda membelinya untuk keperluan multimedia ataupun entertainment.
Di lain pihak apabila anda menginginkan tablet PC dengan sistem operasi yang open source dan anda ingin lebih leluasa memilih aplikasi yang anda inginkan maka tidak ada pilihan lain yang lebih tepat selain Samsung Galaxy Tab.

kata kunci: tip dan trik, iPad, Blackberry, Playbook, Tablet, Samsung Galaxy Tab.

Entry filed under: Tip dan trik. Tags: .

Tips Memperbaiki Ponsel Dengan Menggunakan Kode Tips Mengetahui Keuntungan Menggunakan iPad 2

4 Komentar Add your own

  • 1. Anonymous  |  20 Juni 2011 pukul 12:01

    Siang..
    Saya ingin tahu, apakah blackberry playbook bisa menggunakan modem ekternal(bentuk flasdisk) dengan jaringan smart atau flexi?

    Balas
  • 2. Anonymous  |  22 Oktober 2011 pukul 21:23

    saya mau tau, apa Playbook bisa BBM Group ?

    Balas
  • 3. Yedi Samsul Hidayat  |  22 Oktober 2011 pukul 23:36

    Bisa, syaratnya adalah:

    – Update OS Playbook minimal versi 1.0.3.1868
    – BlackBerry Bridge di ponsel kamu minimal versi 1.0.0.83
    – BlackBerry Messenger di ponsel kamu minimal versi 5.0.3.22

    Setelah itu kamu tinggal koneksikan ponsel BlackBerry kamu ke perangkat Playbook dengan BlackBerry Bridge, nanti akan muncul icon BBM di Playbook kamu.

    Blackberry Playbook tidak memiliki modul koneksi GSM.
    jadi membutuhkan jaringan Wifi untuk terhubung ke internet…semoga membantu..

    Balas
  • 4. Catatan Ghozali Nasution  |  2 November 2011 pukul 00:41

    apakah galaxy tab bisa memutar file video format mkv (matroska) trims

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Pengunjung Online


Afiadi's Soenarto Family Blog

Sebaik-baik manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia yang lain

4staff

share for the best future

Situsguru.com

Belajar Ngeblog

%d blogger menyukai ini: