Tips Membeli Notebook

16 Mei 2011 at 21:59 Tinggalkan komentar

Ada dua hal yang mesti di-ingat dalam memilih notebook.

Yang pertama adalah :
Jangan terpaku pada merek Branded luar (karena hampir semua notebook saat ini berkualitas sama),
dan yang kedua :

Jangan membeli notebook bermerek dengan harga sangat mahal & tidak masuk akal.
Dan yang terakhir adalah memilih notebook yang fungsional : yaitu yang paling efisien dari sisi harga dan kegunaannnya. Jadi penting buat kita untuk menyesuaikan pilihan notebook dengan karakter pemilik serta fungsinya dalam pekerjaan sehari-hari.

• Platform, yaitu background teknologi yang digunakan oleh notebook secara keseluruhan. Platform akan menentukan apakah suatu notebook memenuhi syarat-syarat teknologi baru atau tidak. Umumnya platform mengacu pada teknologi dari Intel, yaitu Centrino Duo, Centrino & Celeron-M. Intel Centrino / Centrino Duo merupakan platform dengan fitur sebagai berikut : kinerja terbaik dibanding generasi sebelumnya, baterai lebih tahan lama (3 – 5 jam), chassis notebook lebih ringan & tipis, serta Wireless internet terintegrasi. Rekomendasi : Centrino Duo cocok untuk user yang menyukai fitur notebook kelas atas (high-end), seperti pengolahan aplikasi Office, Grafis, Game & Multimedia. Untuk yang berharga lebih moderat dengan fitur sedikit dibawahnya, bisa pilih Centrino. Untuk fitur standar dan harga terjangkau dapat memilih platform Celeron M.

• Processor, saat ini ada 4 macam processor Notebook berdasarkan generasinya, yaitu Intel Core 2 Duo, Core Duo, Pentium M dan Celeron M. Intel Core 2 Duo dan Core Duo menggunakan fitur mutakhir Dual Core (otak ganda), dan digunakan pada platform “Centrino Duo”. (Mohon bedakan istilah Core Duo dan Centrino Duo !). Kelebihan Core 2 Duo / Core Duo lainnya adalah fitur L2 cache memory yang lebih besar & pintar, hemat daya dan tidak terlalu panas. Rekomendasi : sebaiknya pilih processor terbaru yaitu Intel Core 2 Duo / Core Duo yang digunakan pada platform Intel Centrino Duo. Tapi jika dananya terbatas dapat menggunakan processor Intel Pentium M (platform Centrino) atau Celeron M yang lebih terjangkau. Sesuaikan kebutuhan antara budget dan fungsinya.

• LCD Monitor, saat ini berkisar dengan ukuran 10”, 12”, 14” dan 15” inchi. Semakin kecil, biasanya notebook akan semakin ringan. Notebook mainstream (general) biasanya menggunakan ukuran 14” dan 15” inchi. Rekomendasi : Pertimbangkan kenyamanan ketika menentukan ukuran layar, karena sekali dipilih kita tidak bisa menggantinya. Notebook berukuran kecil 10” dan 12” cocok untuk orang yang senang bepergian (mobile), sedangkan 14” dan 15” lebih pas untuk orang yang menggunakan notebook dalam waktu lama di kantor atau rumah. Selain itu, ada baiknya mempertimbangkan layar tipe Widescreen (lebih lebar) agar sudut penglihatan lebih baik & nyaman

• RAM (Memory) berfungsi sebagai penampung data berkecepatan tinggi (di notebook disebut sebagai RAM SODIMM). Pilih notebook dengan RAM kapasitas minimal 512 MB (Megabytes), tapi akan lebih baik jika menggunakan kapasitas 1 GB (Gigabytes). Ini karena software terbaru seperti Microsoft Windows Vista akan lebih nyaman digunakan pada kapasitas tersebut. Semakin besar kapasitas RAM, akan membuat kinerja komputer lebih baik secara keseluruhan terutama untuk aplikasi “kelas berat”. Rekomendasi : Gunakan SODIMM Visipro 512 MB atau 1 GB dengan garansi lifetime.

• Hard Disk merupakan media penting yang berfungsi menyimpan seluruh data internal di komputer. Saat ini kapasitas minimal untuk notebook adalah 40 & 60 GB. Selain kapasitas, faktor penting lain yang perlu dipertimbangkan adalah kehandalan (reliability), kecepatan (transfer rata), interface (ATA/SATA), tahan terhadap guncangan dan faktor merek. Saat ini HDD mengarah pada teknologi Serial ATA (SATA) dengan kapasitas minimal 80 GB. Rekomendasi : Gunakan HDD Seagate Momentus ATA atau SATA untuk menjamin reliability, high speed, high durability dan bigger capacity. Seagate merupakan produsen HDD No. 1 di dunia.

• Optical Disk merupakan media untuk membaca kepingan CD dan DVD. Notebook Fujitec tidak hanya dapat digunakan untuk fungsi komputasi/data, tapi juga dapat mengolah aplikasi multimedia seperti Film, MP3 Audio dan Gambar Digital. Jadi media CD dan DVD sangatlah penting untuk di-integrasikan. Saat ini hampir semua noetbook value menggunakan CD Combo dengan fungsi CD/CD-RW/DVD. Untuk tipe Mainstream dan High-End (seperti Centrino Duo) biasanya sudah menggunakan DVD Writer dengan fungsi CD/CD-RW/DVD/DVD-RW. Sebentar lagi akan dirilis Notebook dengan optical dics berteknologi mutakhir “HDD DVD” dan “Blue-Ray” yang lebih cepat dan berkapasitas raksasa. Rekomendasi : Jika budget cukup sebaiknya pilihlah opsi DVD Writer, dengan pertimbangan fungsi yang lebih banyak. Tapi umumnya Notebook Value & Centrino masih menggunakan DVD Combo.

• Wireless Fidelity (WiFi) merupakan card yang berfungsi untuk melakukan koneksi internet nirkabel. Hampir semua Notebook saat ini sudah menggunakan wifi terintegrasi didalamnya, terutama platform Centrino dan Centrino Duo. WiFi (bisa juga disebut WLAN) merupakan fitur yang kompatibel diseluruh dunia, jadi bisa digunakan di negara manapun. Rekomendasi : Notebook Value dengan Processor Celeron M biasanya hanya menyertakan WiFi Card sebagai opsi, jadi user harus membeli card ini sebagai tambahan. Sebaiknya tambahkan card ini pada notebook, karena internet nirkabel (hotspot) sudah gampang ditemukan. Dengan notebook WiFi kita dapat melakukan koneksi dimana saja.

• Fitur tambahan (add-on), seperti integrated webcam, bluetooth dan card reader. Fitur-fitur ini lebih bersifat opsi dan disesuaikan pada setiap notebook dan kebutuhan pengguna. Apabila di notebook tidak ditemukan fitur tersebut, maka kita dapat membelinya sebagai device terpisah (umumnya menggunakan USB).

Entry filed under: Tips and Triks. Tags: .

Tips Apabila Notebook Terkena Air Tips Merawat Sofa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Pengunjung Online


Afiadi's Soenarto Family Blog

Sebaik-baik manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia yang lain

4staff

share for the best future

Situsguru.com

Belajar Ngeblog

%d blogger menyukai ini: