HASIL PLPG TAHUN 2012

9 Agustus 2012 at 04:50 Tinggalkan komentar

Sejak R-UUGD diundangkan menjadi UUGD (Undang Undang Guru dan Dosen)  tahun 2005, proses sertifikasi guru sebagai landasan meniti predikat sebagai guru profesional khususnya bagi penulis, akhirnya tiba juga.  Proses sertifikasi ini pada awalnya melalui jalur portofolio,  mulai digulirkan hampir 1,5 tahun pasca UUGD disahkan.

Desember 2011 lalu, penulis terpanggil sebagai calon peserta untuk seleksi Ujian Kompetensi Awal (UKA). Tempatnya  dilakukan di SMAN 3 Bandung.   Hasil UKA mengantarkan penulis sebagai peserta   PLPG Gelombang 1, akhir Mei 2012  diadakan di LPMP Jawa Barat.

Segala penantian sejak melengkapi persyaratan, UKA, hingga PLPG akhirnya diumumkan di   pengumuman kelulusan perserta plpg 2012.  Pengumuman ini merupakan Hasil Evaluasi Sementara, Kelulusan Resmi akan disampaikan melalui Disdik dengan Surat Keputusan Rektor UPI (sesuai tempat penulis terdaftar) yang akan disampaikan kemudian.

Untuk peserta kota Bandung peserta dapat  meng-klik   Kelulusan Peserta PLPG Kota Bandung.   Dalam pengumuman ini ada tiga kategori yakni TMU (Tidak Mengulang Ujian), MU (Mengulang Ujian Baik Pilihan Ganda (PG) atau Essay) dan BMP (Belum Memenuhi Persyaratan sebagap Peserta PLPG) alias dinyatakan gugur.

Semakin tahun, proses sertifikasi guru semakin berat dan ketat.  Namun, bagi pendidik yang biasa tertib, disiplin dan tekun, hal tersebut lumrah aja. Tidak perlu panik atau stress.  Materi yang diujikan bahannya berasal dari kegiatan belajar mengajar sehari-hari di kelas.

Dalam situs sertifikasi guru rayon 10 disebutkan mereka yang mengulang baik teori dan praktik diundang untuk hadir di FIPS UPI Bandung, Sabtu, 14 Juli 2012 pukul 9.00-12.00 (Ujian Tulis) dan  13.00-15.00 (Ujian Praktik).
Ada perlengkapan harus dibawa;

  1.     Peserta Ujian Tulis Membawa Seperangkat Alat Tulis, (Pinsil 2B, penghapus dan Papan Dada bila diperlukan).
  2.     Peserta Ujian Praktik, Membawa RPP dan Media Pembelajaran Untuk Ujian Peer Teaching.
  3.     Seluruh Peserta, diwajibkan membawa identitas diri Asli (SIM, KTP, atau Pasport),
  4.     Membawa Name Tag yang digunakan saat PLPG dilaksanakan.

Alhamdulillah, penulis mendapat predikat TMU.   Selamat buat yang telah lulus, amanat dan tanggung jawab sebagai sosok guru profesional menanti di depan.   Bagi yang harus mengulang, tetap bersabar dan bisa kembali berkonsentrasi, mudah-mudahan PLPG kemarin dapat menjadi pengalaman berharga saat melaksanakan remedial.

 

Sumber: Kompasiana

Entry filed under: Pendidikan. Tags: .

Uji Kompetensi Guru Online 2012 Review Software Penting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Pengunjung Online


Afiadi's Soenarto Family Blog

Sebaik-baik manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia yang lain

4staff

share for the best future

Situsguru.com

Belajar Ngeblog

%d blogger menyukai ini: