DEFINISI E-MAIL SPAM & PENCEGAHANNYA

27 Maret 2011 at 10:17 Tinggalkan komentar

Apa yang dimaksud dengan spam?

SPAM adalah unsolicited email (email yang tidak diminta) yang dikirim ke banyak orang. Contoh kiriman email yang berisi spam: iklan, advertensi, tawaran untuk bergabung ke MLM, undian, informasi palsu, phishing, penipuan.

Apakah spam dapat dihindari atau diblokir dengan software?


Ya,  software anti-spam: “Spam Assassin“, NAMUN  tidak dapat menjamin e-mail box Anda terbebas dari email spam! Tidak ada satupun software anti-spam yang sempurna di dunia. Sampai saat ini semua pihak masih berusaha memerangi dan menanggulangi e-mail spam, namun belum ditemukan satu solusi yang ampuh dan efisien.
Alamat e-mail Anda adalah “privacy” Anda, Anda bertanggungjawab penuh atas alamat e-mail Anda. Dengan maraknya tindakan spam akhir-akhir ini di dunia internet, kini memberikan alamat email kepada orang lain.. resikonya hampir sama seperti Anda memberikan nomor telepon Anda ke pihak yang Anda tidak kenal.

Siapapun yang memiliki alamat e-mail Anda, dapat mengirimkan email spam dari email apa/mana saja (dari “From” apapun dan ditujukan ke “To/CC” siapapun – bisa saja email Anda diletakkan di BCC, seakan-akan email tersebut bukan ditujukan ke Anda, namun email tersebut “tiba di mailbox Anda”).

Spam hanya dapat dikendalikan oleh penggunanya (Anda), software anti spam tidak dapat mengurangi atau memblokir email spam yang dikirimkan ke mailbox Anda. 


Apakah spam dapat dicegah atau diminimalkan?

 Berikut adalah beberapa pencegahan yang dapat Anda lakukan guna mengurangi spam:

  • Jangan pernah meletakkan alamat email Anda dalam bentuk text di website Anda, karena para spammer akan dengan mudahnya mendapatkan alamat email Anda dengan software e-mail crawler mereka. Gunakanlah script Form Mail (misalnya dengan menggunakan script PHP atau CGI) agar pengunjung website Anda menggunakan Form Mail untuk menghubungi Anda (tanpa memberikan alamat email kepada mereka).

  • Jangan menggunakan alamat e-mail utama Anda untuk mendaftarkan nama domain Anda di WHOIS. Spammer dapat dengan mudahnya menemukan alamat e-mail Anda melalui layanan pengecekan nama domain spt Whois.Net atau DomainWhitePages.com. Gunakan e-mail gratis Anda seperti Yahoo Mail atau Google Mail. Jika Anda tetap ingin menggunakan alamat e-mail utama Anda, pastikan nama domain Anda telah memiliki layanan Proteksi WHOIS / ID-Protect (alamat email Anda akan dienkripsi ketika ditampilkan di WHOIS).
  • Jika Anda tetap ingin menampilkan alamat email Anda di website Anda, tampilkanlah alamat email Anda dalam bentuk image atau gambar (misalnya dalam format: GIF/JPG).
  • Berikan alamat email utama Anda hanya kepada teman/rekan yang Anda percaya. Jika kurang kenal (baik online mapun offline), berikan saja alamat email gratis Anda misalnya: Yahoo Mail atau Google Mail (termasuk sales/SPG yang menyodorkan form untuk mengisi alamat e-mail Anda). Mengingat banyaknya pemakai internet yang masih pemula yang berusaha menjual alamat email Anda ke perusahaan yang membutuhkan banyak list alamat email demi keperluan promosi.
  • Apabila Anda mempercayakan alamat e-mail Anda kepada teman Anda, maka berpesanlah kepada teman Anda agar dia tidak memberikan alamat email Anda ke pihak yang dia kurang kenal (misalnya sales, teman baru kenal, grup diskusi dsbnya).
  • Jangan pernah menggunakan alamat email utama Anda untuk berpartisipasi dalam grup diskusi umum, misalnya: Mailing List, Forum berbasis web, Friendster/MySpace/YouTube dan sejenisnya.
  • Hanya berbelanja online di website yang Anda anggap ber-reputasi & aman. Jika Anda ragu dengan reputasi/keamanan toko online tersebut, urung niat berbelanja Anda atau gunakan saja email gratis Anda (misalnya Yahoo Mail atau Google Mail)

Staff kami sendiri menggunakan metode di atas dan hasilnya… spam yang kami terima drastis berkurang sekitar 70-80%.

Sesudah membaca tulisan di atas, mungkin rekan-rekan ada yang berpikiran: “wah ribet juga yah punya e-mail, koq punya alamat e-mail malah dirahasiakan? Bukannya dipromosikan ke teman-teman atau dibanggakan??”. Saran kami: promosikanlah alamat website Anda, bukan alamat email Anda!

Sumber: http://techscape.co.id

Entry filed under: artikel. Tags: .

52 website yang sangat bermanfaat Cara Cermat Hemat Pengeluaran Rumah Tangga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Pengunjung Online


Afiadi's Soenarto Family Blog

Sebaik-baik manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia yang lain

4staff

share for the best future

Situsguru.com

Belajar Ngeblog

%d blogger menyukai ini: